Terkoreksi Untuk Belanja Wajib, APBD Perubahan 2022 Defisit 150 Miliar

Tim Anggaran Pemerintah Darah (TAPD) dan Badan Anggaran DPRD Jember akhirnya sudah menyelesaikan pembahasan KUA PPAS APBD Perubahan tahun 2022. Dalam pembahasan tersebut, APBD Perubahan Jember tahun 2022 mengalami defisit 150 miliar.

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim mengatakan, dalam pembahasan mengalami defisit sebesar 586 miliar rupiah. Namun, dari total tersebut tinggal 150 miliar lebih, setelah diambilkan dari Slpa APBD tahun 2021 sebesar 436 miliar rupiah.

Selain karena untuk membiayai belanja wajib pegawai, APBD Perubahan tahun 2022 mengalami defisit karena harus menutupi beberapa kekurangan lainnya. Seperti ADD/DD sebesar 30 miliar, dana BOS 20 miliar rupiah lebih, dan pembiayaan instruksi pusat PMK 134 tentang penanganan dampak kenaikan BBM. Termasuk juga anggaran bonus untuk atlet berprestasi dalam Porprov Jatim.

Untuk menutupi defisit tersebut, TAPD dan Banggar memangkas anggaran di hampir semua OPD untuk kebutuhan belanja wajib. Seperti anggaran yang ada di Dinas Pariwisata, Dinas Tanaman Pangan, Dinas Pertanian, dan beberapa OPD lainnya.

(99 views)