Warga Desa Sukokerto Protes, Tolak Munculnya Penggilingan Padi Baru

Perwakilan warga Desa Sukokerto Kecamatan Sukowono, mendatangi Kantor DPRD Jember, menyampaikan aspirasi menolak pembangunan pabrik penggilingan dan pengeringan padi baru, di desanya, Rabu siang. Selain karena belum berizin, kehadiran salep padi dan mesin pengering baru ini, akan mengganggu lingkungan diantaranya seperti Polusi udara, suara bising serta keselamatan warga sekitar.

Menurut koordinator warga desa Sukokerto Bugiono, penolakan kehadiran pembangunan penggilingan padi baru, karena berada di tengah perkampungan rumah warga, yang berjarak 1,5 meter dari rumah warga. Karena itu, akan berdampak pada kesehatan, banyaknya asap dan debu berterbangan. 

Selain itu, kedua mesin besar itu, akan menimbulkan suara bising serta ancaman bencana alam, seperti kebakaran. Karena digudang satunya, sudah 2 kali terjadi kebakaran. Bahkan kehadiran gudang, mengancam sawah warga gagal panen, seperti menimpa penggilingan padi, yang sebelah Utara. 

Dari penggilangan padi yang sudah ada sudah terasa dampaknya pada kesehatan, kenyamanan dan hasil panen, yang menurun. Padahal letaknya, lebih jauh 15 meter dari perumahan penduduk.

Hal senada disampaikan haji Imam, warga Sukokerto lainnya. Dia menjelaskan, sebelumnya persoalan tersebut, sudah di media di balai desa Sukokerto. Pihak pengusaha sudah bertanda tangan, tidak akan melanjutkan pembangunan penggilingan baru. Namun 4 hari kemudian, dia ternyata tetap melanjutkan pembangunan penggilingan dan pengeringan padi baru tersebut. 

Kehadiran perwakilan warga desa Sukokerto Sukowono ini, diterima langsung anggota Ketua Komisi B, Siswono dan anggota komisi B lainnya, David Handoko Seto.

Dalam kesempatan tersebut, David mengapresiasi aspirasi perwakilan warga tersebut. Dia menjelaskan setiap kegiatan usaha, termasuk penggilingan padi, harus memiliki ijin usaha. Semua surat ijin, tersebut harus didahului persetujuan warga sekitar perusahaan. 

Semua izin-izin itu harus lengkap. Karena itu, pihaknya masih akan mengecek surat -surat yang diajukan warga dan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pengecekan ke perusahaan.

(46 views)