DPRD Minta Truk Over Kapasitas yang Melintas di Jalur Gumitir Ditindak Tegas

Kawasan gunung Gumitir sering terjadi Kecelakaan lalulintas, yang menyebabkan kemacetan, akibat kendaraan over dimensi dan over kapasitas. Anggota Komisi B DPRD Jember, meminta pihak terkait menindak tegas dan mengedukasi sopir angkutan barang, penyebab kecelakaan akibat over kapasitas.

Menurut salah seorang anggota Komisi B DPRD Jember/ David Handoko Seto, Peristiwa kecelakaan lalulintas di kawasan Gunung Gumitir, desa Sidomulyo, sudah berkali-kali. Peristiwa itu terjadi. Penyebabnya hampir sama, karena kendaraan over dimensi dan over kapasitas.

David menilai, penyelesaian persoalan kecelakaan lalulintas, yang menyebabkan kemacetan di jalur Gumitir, tidak cukup hanya dilakukan pihak kepolisian. Namun, perlu upaya sinergi antara pihak PTPN 12, dengan pengusaha tebu dan pengusaha angkutan, untuk menghormati peraturan lalulintas.

Sesuai peraturan lalulintas, yang baru, kendaraan angkutan barang, dilarang mengangkut barang, yang over dimensi dan kapasitas. Sebab, akan menyebab rawan kecelakaan lalulintas, yang membahayakan diri sendiri dan orang lain, serta kemacetan. Selain itu, kendaraan angkutan yang over kapasitas, cepat merusak konstruksi jalan. 

Karena itu, dia meminta pihak kepolisian menindak tegas para pelanggar kapasitas daya angkut , dengan tilang serta membuat pernyataan tertulis tidak mengulangi perbuatannya.

Sebelumnya/ pasca peristiwa tanah longsor terjadi di kawasan Gunung Gumitir kilometer 36 + 500/ akibat hujan Deras/ 2 Juli 2022 lalu/ sudah terjadi beberapa kali kecelakaan lalulintas. Bahkan mengakibatkan kemacetan, yang Berjam-jam, karena truk terguling, terperosok dan mogok akibat kelebihan muatan.

(106 views)