Donor Darah Bikin Awet Muda, PMI Ajak Warga Donor Darah Dua Bulan Sekali

Donor darah ternyata mampu membuat pendonor sehat dan awet muda. Karena itu, Ketua PMI Jember Mohammad Thamrin, mengajak seluruh warga Jember menjadi pendonor sukarela aktif, dua bulan sekali.

Hal itu disampaikan Thamrin, dalam aksi donor darah massal bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, di Alun-alun Jember, Selasa siang.

Kepada sejumlah wartawan Thamrin mengatakan, aksi donor darah ini,  untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Jember, terlibat langsung menjaga ketersediaan darah di wilayahnya. Salah satunya dengan cara mengajak masyarakat untuk aktif donor darah minimal setiap dua bulan sekali. 

Thamrin menjelaskan, bahwa Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT PMI ke-77 dan Hari Perhubungan Nasional dengan memberikan edukasi pentingnya donor darah secara rutin dan manfaat lainnya bagi pendonor.

Menurut Thamrin,  setidaknya ada tiga manfaat bagi relawan pendonor yang aktif donor darah, yaitu Donor yang  diambil darahnya  350 cc, bisa mengeluarkan zat radikal bebas, lebih awet muda serta sumbangan darah itu, bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

Thamrin menambahkan, hingga Selasa siang, stok darah di UDD PMI Kabupaten Jember cukup memenuhi kebutuhan di Kabupaten Jember. Dari Data PMI Kabupaten Jember, total jumlah stok darah di UDD PMI Jember, sebanyak 231 Kantong darah.

(48 views)