Menteri Pertanian Janjikan Program Khusus Untuk Petani Tembakau Jember

Menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo menjanjikan program khusus, untuk petani tembakau Jember. Hal itu disampaikan menteri pertanian di hadapan Komisi B DPRD Jember.

Anggota Komisi DPRD Jember Nyoman Ariwibowo menyatakan, berdasarkan Permentan Nomor 10 tahun 2022, komunitas tanaman yang mendapatkan pupuk bersubsidi di antaranya, tanaman pangan, perkebunan kopi, dan tanaman tebu rakyat. Pembatasan peruntukan pupuk bersubsidi itu, dilakukan kementan atas rekomendasi KPK dan Ombudsman.

Untuk tanaman tembakau sendiri, tidak termasuk dalam 9 komoditas yang mendapat pupuk bersubsidi. Karena itu, Komisi B DPRD Jember menyampaikan realitas yang terjadi di Kabupaten Jember. Bahwa, tembakau termasuk jenis tanaman yang banyak ditanam petani kecil.

Setelah mendapatkan paparan dari Komisi B DPRD Jember, Menteri Pertanian akhirnya berjanji akan memberikan program khusus bagi petani tembakau Jember.

Lebih jauh Nyoman menjelaskan, selain program khusus untuk petani tembakau Jember, Menteri Pertanian juga berjanji akan melaksanakan edukasi petani. Salah satunya pengukuran kualitas tanah, dengan tujuan petani dapat melakukan pemupukan sesuai kadar tanah.

(67 views)