Hemat Energi, ASN Jember Akan Diminta Bersepeda ke Tempat Kerja

Pemkab Jember mulai merencanakan program wajib bersepeda bagi ASN saat pergi ke kantor. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menekan penggunaan BBM yang sampai saat ini cukup tinggi.

Bupati Jember Hendy Siswanto konsumsi BBM di Kabupaten Jember sejak Januari-Agustus 2022 cukup tinggi. Semakin tinggi penggunaan energi, beban anggaran negara untuk menyubsidi energi itu juga meningkat. Untuk itu, Pemkab Jember merasa perlu untuk menerapkan kebijakan, demi menekan penggunaan energi yang tinggi itu.

Untuk itu, Pemkab Jember nantinya akan menerapkan program wajib bersepeda kepada seluruh ASN saat pergi ke kantor. Program tersebut akan dilaksanakan secara bertahap, mulai dari dua bulan sekali, sampai nantinya bisa satu minggu sekali, setiap hari Jumat.

Selain itu, Hendy juga akan meminta seluruh lampu perkantoran dimatikan saat sudah tidak ada aktivitas kerja. Sebab, selama ini Hendy melihat masih ada lampu yang menyala, padahal tidak ada aktivitas kerja.

Lebih jauh Hendy menjelaskan, untuk antisipasi kenaikan harga BBM di masa mendatang, pemerintah pusa sudah menyiapkan Bantuan Langsung Tunai 600 ribu, untuk menjaga daya beli masyarakat. Namun, BLT tersebut sejauh ini belum sampai ke Kabupaten Jember.

(70 views)