Cegah Penyalahgunaan Narkoba dan Kekerasan Terhadap Anak Dinas Pendidikan Bentuk Satgas Khusus

Dinas Pendidikan Jember menginstruksikan seluruh sekolah mulai tingkat PAUD hingga SMP, segera membentuk satgas khusus. Satgas khusus tersebut untuk mencegah penyalahgunaan narkoba dan kekerasan terhadap anak di sekolah.Plt Kepala  Dinas Pendidikan Jember, Suko Winarno mengatakan, surat edaran terkait instruksi pembentukan satgas khusus sudah dikirimkan ke seluruh sekolah  bulan Juli lalu. 

Dinas pendidikan akan meninjau seluruh sekolah, sejauh mana satgas tersebut dibentuk.Dengan satgas khusus tersebut, diharapkan sekolah bisa mencegah penyalahgunaan narkoba dan kekerasan terhadap anak. 

Satgas itulah nantinya yang akan memberikan pembinaan khusus bagi seluruh peserta didik. Dinas pendidikan berharap satgas tidak hanya bekerja setelah ada temuan kasus, namun lebih mengutamakan pencegahan. Pencegahan bisa dilakukan sejak awal peserta didik masuk sekolah, dalam acara masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Lebih jauh Suko mengimbau kepada masyarakat dan guru, mencegah tudingan sosial yang dialamatkan kepada anak yang menjadi korban kekerasan, khususnya kekerasan seksual. Jangan sampai korban kekerasan justru semakin tertekan secara psikologis, karena menjadi korban tudingan sosial.

(64 views)