DPRD Minta Pemkab Jember Hadir Untuk Membantu Pengamanan Palang Pintu Kereta Api

Kecelakaan yang terjadi di palang pintu perlintasan kereta api secara berturut-turut belakang hingga merengut nyawa beberapa korban, menjadi perhatian Komisi C DPRD Jember. Komisi C mendesak Pemkab segera hadir untuk membantu sesuai kewenangannya.

Anggota Komisi C DPRD Jember Hadi Supaat mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan PT KAI Daop 9 Jember dan juga Pemkab yang dalam hal ini diwakili dinas perhubungan. Informasi yang diperoleh komisi C, dari total 100 perlintasan kereta api, hanya 37 titik yang sudah dilengkapi palang pintu.

Bahkan beberapa early warning system yang terpasang juga sudah tidak berfungsi. Karena itu dalam rapat tersebut komisi C merekomendasikan kepada Pemkab, agar segera hadir membantu sesuai dengan kewenangannya. Sebab akan sangat berbahaya jika terus dibiarkan, terlebih perlintasan yang ada di jalur penghubung dua desa.

Sementara Dinas perhubungan Pemkab Jember mengaku tahun ini sudah menganggarkan pembangunan 4 pintu perlintasan kereta api sekaligus menyediakan penjaganya. Tentu agar upaya ini efektif Perlu adanya kerja sama dengan pemerintah desa, termasuk memberikan pelatihan kepada petugas penjaga palang pintu oleh PT. KAI.

(371 views)