PHRI Nilai Pemkab Jember Tidak Mampu Maksimalkan Potensi Wisata yang Dimiliki

Pemkab Jember dinilai tidak mampu memaksimalkan banyaknya potensi wisata yang ada. Akibatnya para pelaku wisata berjalan sendiri, sehingga tingkat hunian di jember tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

Menurut ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI Jember Teguh Suprajitno, meski pandemi sudah melandai nyatanya gairah pariwisata di kabupaten Jember sama sekali tidak ada peningkatan. Akibatnya tingkat hunian hotel juga tidak ada kemajuan.

Teguh mencontohkan kawasan wisata Rembangan, yang harusnya bisa dikelola lebih baik oleh Pemkab Jember sebagai pemilik, atau jika memang tidak mampu bisa menggandeng pihak ketiga. Dengan demikian geliat wisata bisa berkembang pesat yang tentu saja tidak hanya di kawasan Rembangan, tetapi juga berimplikasi kepada pelaku wisata lainnya.

Teguh menyarankan agar pemkab juga melibatkan seluruh elemen pariwisata yang ada di Jember, untuk bangkit secara bersama-sama. Dengan kondisi seperti ini, tingkat hunian hotel di Jember rata-rata hanya 30 sampai 40 persen saja, hampir sama dengan ketika saat Pandemi.

(58 views)