Isu BPJS Kesehatan PBI Pemerintah Hangus Gara-gara Tidak Dipakai Dipastikan Tidak Benar

Isu bahwa BPJS Kesehatan PBI Pemerintah hangus jika tidak dipakai adalah isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dipastikan tidak benar. Demikian disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Jember Galih Anjungsari.

Kepada sejumlah wartawan Galih menjelaskan, warga Jember yang sudah terkover BPJS Kesehatan di Kabupaten Jember hingga saat ini sudah ada 1,6 juta jiwa. Termasuk di antaranya 800 ribu jiwa merupakan Peserta yang ditanggung pemerintah atau PBI Pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun daerah.

Khusus BPJS Kesehatan PBI Pemerintah lanjut Galih, dicabut atau tidak ke pesertaannya menjadi kewenangan Kementerian Sosial. Beberapa alasan yang menjadi dasar pencabutan itu jika peserta yang awalnya mendapat bantuan pemerintah dinyatakan sudah mampu secara ekonomi, memiliki ke pesertaan ganda dan data kependudukan yang tidak valid.

Sehingga jika ada informasi bahwa BPJS Kesehatan PBI Pemerintah hangus karena tidak digunakan adalah kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Meski demikian, jika terjadi masalah saat digunakan, masyarakat penerima BPJS Kesehatan PBI Pemerintah bisa langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat.

(55 views)