Satu Juta Penduduk Jember Belum Terkover BPJS Kesehatan

Dari total 2,6 juta penduduk Kabupaten Jember, baru 63 persen yang terkover BPJS Kesehatan. Persentase tersebut masih berada di bawah target Provinsi sebesar 80 persen.

Kepala BPJS Kesehatan Jember Galih Anjungsari menjelaskan, meskipun setiap warga negara Indonesia diwajibkan menjadi peserta BPJS Kesehatan, namun sejauh ini masih banyak masyarakat yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan. Untuk di Jember, baru ada 1,6 penduduk yang menjadi peserta BPJS Kesehatan. Sementara 1 juta penduduk lainnya belum terkover BPJS Kesehatan.

Menurut Galih, rendahnya penduduk Jember yang menjadi peserta BPJS karena tingkat kesadaran mereka terhadap pentingnya BPJS masih rendah. Selain itu, juga karena banyak masyarakat yang ingin menjadi peserta BPJS Kesehatan yang dibayari pemerintah.

Lebih jauh Galih menjelaskan, untuk mengejar target, petugas BPJS Kesehatan Jember melakukan kunjungan lapangan ke desa-desa, instansi pemerintahan dan perguruan tinggi. Dengan cara keliling itu, tiap bulan berhasil mengajak masyarakat sebanyak 2 sampai 3 ribu orang.

(59 views)