Mantan Kepala BPBD Jember Jadi Tersangka Kasus Pemotongan Honor Relawan

Moch Djamil, mantan PLT Kepala BPBD Jember akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemotongan honor relawan pemakaman covid-19. Sejauh ini sudah ada dua orang tersangka dalam kasus tersebut.

Kasatreskrim Polres Jember AKP Dika Hadiyan Widya Wiratama mengatakan, sebelumnya penyidik melakukan penyerahan berkas ke Kejaksaan Negeri Jember pada bulan Juni lalu, namun berkas itu dikembalikan. Jaka meminta agar penyidik juga memeriksa Moch Djamil, selaku atasan dari tersangka sebelumnya, Penta Satria.

Atas petunjuk dari jaksa itulah, penyidik melakukan pemeriksaan saksi baru, baik Moch Djamil maupun saksi ahli tindak pidana korupsi. Setelah melakukan pemeriksaan saksi, Polres Jember bersama Polda Jatim melakukan gelar perkara di Polda Jatim.

Hasil gelar perkara itu, menetapkan Moch Djamil sebagai tersangka. Dalam waktu dekat yang bersangkutan akan diperiksa kembali sebagai tersangka.

Lebih jauh Dika menjelaskan, peran Moch Djamil dalam kasus pemotongan honor relawan sebagai pembuat kebijakan di BPBD Jember. Ia melakukan pemotongan honor relawan itu atas inisiatif sendiri tanpa sepengetahuan dan persetujuan bupati.

Senasib dengan tersangka Penta Satria, Moch Djamil tidak ditahan. Polisi tidak melakukan penahanan badan dengan alasan sejauh ini para tersangka masih kooperatif.

(45 views)