Warga Ambulu Tertangkap Tangan Mencuri Kayu di Gunung Jenggawah

Tepergok mencuri kayu jenis sonokeling di Gunung Jenggawah, Kecamatan Jenggawah, dua orang warga Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu berinisial S dan P, Selasa malam ditangkap polisi. Sementara tiga pelaku lainnya masih dalam proses pengejaran.

Kanit Reskrim Polsek Jenggawah Aiptu Ahmad Rinto menceritakan, awalnya pihaknya menerima laporan dari warga yang melihat lima orang sedang berusaha menurunkan kayu dari atas gunung Jenggawah. Berbekal laporan itu, polisi bersama masyarakat melakukan penggerebekan.

Saat penggerebekan itu, dua orang dari lima orang pelaku berhasil diamankan berikut barang bukti berupa kayu sonokeling. Saat diinterogasi mereka sudah dua kali melakukan aksi pencurian di lahan milik des itu.

Dalam melancarkan aksinya, para pelaku naik ke atas gubung setelah isya. Mereka kemudian memotong kayu menggunakan gergaji manual sehingga tidak terdengar oleh warga, karena memang lokasi Gunung Jenggawah sepi dan jauh dari pemukiman.

Lebih jauh Rinto menjelaskan, saat ini Unit Reskrim Polsek Jenggawah sudah menetapkan tiga pelaku lain sebagai DPO. Atas perbuatannya kedua tersangka dijerat Pasal 363 ayat 1 dan 2 dan 4 subsider Pasal 362 juncto pasal 55 KUHP, dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara.

(72 views)