Gubernur Setujui Usulan 23 Raperda Kabupaten Jember

Dari 25 Raperda yang diusulkan, 23 diantaranya sudah disetujui oleh gubernur. Demikian disampaikan wakil ketua DPRD Jember Ahmad Halim Kamis pagi.

Halim menjelaskan, beberapa hari lalu surat hasil konsultasi progam pembenetukan peraturan daerah kabupaten Jember dari Pemprov Jatim sudah turun. dari 25 raperda yang diusulkan, 23 diantaranya disetujui untuk dilanjutkan pembahasan oleh DPRD dan Pemkab Jember.

23 Raperda yang sudah disetujui tersebut menurut Halim, mayoritas merupakan perda turunan dari Undang-undang Omnibus Law. Selain itu juga ada beberapa perda inisiatif DPRD dan usulan pemkab, termasuk diantaranya perda perubahan APBD dan perubahan retribusi perijinan tertentu. Pemkab dan DPRD menurut Halim akan mendahulukan perda turunan Omnibus law, agar tidak kehilangan potensi pendapatan daerah.

Sementara 2 usulan raperda yang ditolak yakni perda pemanfaatan daerah pesisir, serta perda kurikulum pendidikan pancasila, karena kedua persoalan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat.

(49 views)