Penyaluran Ratusan Ribu Bantuan Sosial Tunggu Sinkronisasi Data

Untuk mencegah terjadi tumpang tindih data penerima bantuan sosial, Dinas Sosial melakukan sinkronisasi bersama Dispenduk Jember. Hingga saat ini masih ada seratus ribu lebih data yang masih dalam proses sinkronisasi.

Plt Kepala Dinas Sosial Jember, Widi Prasetyo menjelaskan, bantuan sosial yang diterima masyarakat berasal dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Jember. Karena itu agar tidak terjadi tumpang tindih data, pihaknya melakukan sinkronisasi berdasarkan By Nambe By Andress (BNBA).

Widi merinci, bantuan beras yang sudah tersalurkan di antaranya yang bersumber dari APBN di Kabupaten Jember diperuntukkan bagi 135 ribu KPM, dari provinsi Jatim sebanyak 17.879 jiwa, dan dari Kementerian Sosial sebanyak tiga ribu KPM. Selain itu, ada 11 ribu KPM dari Menko Marves yang hingga saat ini masih dalam proses pendistribusian.

Sementara yang masih dalam proses singkronisasi data ada sekitar 105 ribu KPM, diantaranya 100 ribu KPM dari Pemkab Jember dan lima ribu KPM dari Gubernur Jawa Timur.

(149 views)