DPRD Desak Pemkab Segera Rekrut Relawan Kesehatan Dan Cairkan Insentif Nakes

DPRD Jember mendesak pemkab Jember segera melakukan rekrutmen relawan tenaga kesehatan, mengingat penyebaran covid di kabupaten Jember makin mengkhawatirkan. Selain itu Pemkab juga diminta segera cairkan insentif Nakes yang sempat terhambat, akibat bendahara BPBD di mutasi di OPD lain.

Wakil ketua DPRD Jember Ahmad Halim menjelaskan, saat ini selain penyebaran covid semakin lonjakan, banyak tenaga medis yang juga terpapar covid, sehingga mengharuskan mereka melakukan isolasi mandiri. Jika kondisi ini dibiarkan, Halim khawatir rumah sakit fan puskesmas lumpuh, akibat kekurangan tenaga kesehatan.

Karena itu DPRD mendesak pemkab segera melakukan rekrutmen relawan tenaga kesehatan, yang insentifnya bisa diambilkan dari anggaran penanganan covid 19. Apalagi bupati secara resmi juga sudah melaporkan perubahan penjabaran perbup APBD, dimana terdapat alokasi anggaran senilai 150 Milyar dalam APBD 2021, untuk penanganan Covid.

Selain rekrutmen relawan, DPRD juga minta pemkab segera mencairkan insentif untuk nakes, yang sempat tidak dapat dicairkan karena bendahara BPBD yang juga sekaligus selaku bendahara Satgas Covid, di pindah tugaskan ke OPD lain. Seharusnya dalam kondisi seperti ini menurut Halim, bendahara BPBD jangan dipindahkan terlebih dahulu.

(51 views)