Intelektual Muda NU Desak Pemprov Percepat Distribusi Vaksin Ke Kabupaten Kota

Vaksin covid saat ini sudah masuk Indonesia sekitar 130 juta dosis dan sudah terdistribusi seluruhnya ke seluruh provinsi. Tetapi kenyataannya sampai hari ini baru sekitar 60 juta penduduk yang sudah mendapatkan vaksin.

Salahsatu intelektual.muda NU Ubaidillah Amin mengatakan, dirinya mendapat informasi awal vaksin masuk Indonesia sebanyaj 1,1 juta dosis, dimana 450 ribu diantaranya dikirim ke Jawa Timur. Jumlah tersebut kuota terbesar se Indonesia.

Bahkan saat ini berdasarkan data BNPB vaksin yang masuk sudah sebanyak 130 juta dosis, tetapi baru 60 juta penduduk yang mendapat vaksin. Padahal kementerian kesehatan sudah mendistribusikan semuanya ke tingkat provinsi. Tetapi anehnya kepala daerah di kabupaten kota yang merupakan garda terdepan, mayoritas mengeluh ketersediaan vaksin.

Artinya menurut Ubaidillah, ada mekanisme yang salah di tingkat provinsi terkait proses distribusi ke kabupaten dan kota yang sangat lambat. Sehingga presiden minta TNI-Polri ikut terlibat membantu percepatan vaksinasi. Meski sejauh ini TNI-Polri sudah bekerja, tentu tidak bisa maksimal karena memiliki keterbatasan tenaga kesehatan sebagai vaksinator.

Ubaidillah berharap pemprov lebih cepat lagi dalam proses pendistribusian vaksin ke tingkat kabupaten dan kota. Selain itu dalam kondisi darurat seperti ini, Ubaidillah berharap presiden mengeluarkan keppres atau perpres untuk memangkas birokrasi, dimana kepala dinas kesehatan dapat bertanggung jawab langsung kepada pemerintah pusat. Jika kondisi sudah terkendali baru dikembalikan lagi kewenangannya ke daerah.

(55 views)