DPRD Jember Hari Ini Minta BPK Lakukan Audit Investigasi

Terkait catatan badan pemeriksa keuangan BPK RI yang memberikan opini tidak wajar, DPRD Jember hari ini berkirim surat kepada BPK, minta untuk dilakukan audit investigasi atau pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi Kamis siang menjelaskan, ada banyak catatan dalam LHP BPK diantaranya anggaran covid senilai 107 milyar yang tidak jelas peruntukannya. Uang rakyat yang sangat besar tersebut menurut Itqon harus diperjelas kemana larinya.

Untuk itu DPRD Jember hari ini berkirim surat ke BPK, minta untuk dilakukan audit investigasi. Setelah hasil investigasi selesai, seperti apa rekomendasi BPK akan menjadi dasar bagi DPRD, untuk mengambil langkah selanjutnya. Audit Investigasi ini menurut Itqon sangat penting, sebab jika tidak dilakukan maka sampai kapanpun akan tercatat sebagai beban, sehingga Jember tidak akan pernah mendapat opini wajar tanpa pengecualian.

Diberitakan sebelumnya setelah tahun 2019 lalu BPK RI memberikan opini disclaimer yang merupakan penilaian terburuk, tahun 2020 BPK memberikan penilaian buruk dengan opini tidak wajar. Salahsatu catatan BPK, dari total anggaran covid senilai 220 milyar lebih, 107 milyar diantaranya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

(71 views)