Tambah Dua Fakultas, IKIP Jember Berubah Status Jadi UNIPAR

Setelah menunggu selama dua tahun, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau IKIP Jember, akhirnya beralih status menjadi Universitas PGRI Argopuro atau UNIPAR Jember. Perbuahan status tersebut diresmikan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi LL DIKTI Wilayah VII, Soeprapto, Sabtu lalu.

Kepada sejumlah wartawan Soeprapto menjelaskan, selain IKIP Jember, di Jawa Timur ada sekitar 23 kampus swasta yang berubah status, baik yang dari STIKES menjadi Institut hingga penggabungan beberapa perguruan tinggi yang menjadi satu universitas.

Dengan beralihnya status IKIP PGRI Jember menjadi UNIPAR, Soeprapto berharap mampu meningkatkan kualitas dosen maupun lulusan. Terutama di era industri 4.0 dan pandemi covid-19.

Sementara Rektor UNIPAR, Rudy Sumiharsono menjelaskan, Selain Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau FKIP sebagai fakultas tertua, pihaknya juga menambah fakultas ilmu murni, yakni Fakultas Sains dan  Teknologi  serta Fakultas ekonomi yang merupakan gabungan dari akademi akuntansi. Untuk Fakultas Sainstek ada 3 program studi, yakni  Statistika, Biologi dan Teknik Lingkungan.

Lebih lanjut Rudy menjelaskan, dua tahun lalu IKIP Jember meluluskan 650 mahasiswa dan tahun lalu ada 850 an mahasiswa. Dengan beralihnya status dari IKIP menjadi Universitas Rudy berharap kedepannya lebih baik lagi.

(100 views)