Kunjungan Ditiadakan, Lapas Fasilitasi Videocall Untuk Keluarga Warga Binaan

Untuk meminimalisir penyebaran covid, lapas kelas 2A Jember tidak lagi mengijinkan kunjungan keluarga warga binaan. Sebagai gantinya diberikan fasilitas berupa videocall, agar warga binaan tetap bisa berkomunikasi dengan keluarganya.

Kepala Lapas kelas 2A Jember Yandi Suyandi mengatakan, saat ini sama sekali tidak ada jadwal kunjungan. Namun sebagai gantinya, pihaknya memberikan fasilitas videocall agar warga binaan masih tetap bisa berkomunikasi dengan keluarganya. Bahkan untuk warga binaan wanita, pihaknya memberikan tempat khusus terpisah dengan warga binaan lainnya.

Selain memberikan fasilitas videocall, pihaknya juga menerima penitipan barang dari pihak keluarga, untuk disampaikan kepada warga binaan. Sehingga meskipun tidak dapat bertemu tatap muka dengan warga binaan, pihak keluarga masih boleh mengirimkan makanan untuk warga binaan.

Kondisi lapas sendiri menurut Yandi, memang saat ini sudah over capacity. Daya tampung Lapas Jember sesungguhnya hanya untuk 390 orang, tetapi jumlah warga binaan yang ada mencapai 800 orang. Untuk menyiasatinya lapas menggunakan seluruh ruang isolasi yang ada.

(459 views)