Tak Pakai Masker, Ribuan Orang Terjaring Operasi Yustisi

Sebanyak 1.193 orang yang melintas di Jalan MT Haryono, Kecamatan Sumbersari, Selasa pagi terjaring operasi yustisi karena mengabaikan protokol kesehatan. Sebanyak 183 pelanggar di antaranya disanksi denda uang 30 ribu rupiah oleh majelis hakim.

Kasubagdalops Bagian Operasi Polres Jember, AKP Istono saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya menjelaskan, tingkat kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan masih cukup rendah. Dalam operasi yustisi yang digelar selama satu jam di Jalan MT Haryono, terdapat 1.193 orang yang melintas di jalan tersebut terjaring razia karena tidak mengenakan masker.

Untuk memberikan efek jera, sebanyak 183 pelanggar diajukan sidang di tempat secara daring dan dikenakan sanksi berupa denda uang sebesar 30 ribu rupiah untuk tiap orang. Sementara pelanggar lainnya sanksinya beragam, mulai dari kerja sosial hingga yang paling ringan teguran tertulis dan lisan. Menurut Istono, mayoritas pelanggar protokol kesehatan yang terjaring razia di jalan MT Haryono ini berasal dari desa-desa. Mereka selalu beralasan lupa dan tidak punya masker

(127 views)