Racik dan Jual Bahan Peledak Warga Tanggul Ditangkap

Tepergok membawa bahan peledak dengan daya ledak tinggi, MS warga Desa Petemon Kecamatan Tanggul, Senin pagi ditangkap Unit Reskrim Polsek Semboro saat melintas di area persawahan Desa Sidomekar Kecamatan Semboro. Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti berupa enam kilo gram bahan peledak jenis mesiu.

Kapolsek Semboro AKP Fachtur Rahman menceritakan, awalnya pihaknya menerima laporan dari warga ada orang membaca senjata tajam dengan gelagat mencurigakan di area persawahan Desa Sidomekar. Berbekal laporan itu Unit Polsek Semboro langsung meluncur ke lokasi orang tersebut berada.

Saat hendak ditangkap tersangka sempat melakukan perlawanan dengan mengayunkan celurit yang dibawanya ke arah polisi. Setelah berhasil ditangkap dan digeledah, polisi menemukan enam kilo gram bahan peladak jenis mesiu.

Saat digelandang ke rumahnya, polsi menemukan barang bukti lainnya berupa puluhan pemicu bahan peledak berbahan kertas yang disembunyikan di kandang ayam di belakang rumah tersangka. Saat diinterogasi tersangka mengaku meracik sendiri menggunakan bahan yang dibelinya dari Surabaya.

Lebih jauh Fachtur menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan penyidikan. Akibat perbuatannya tersangkia dijerat pasal 1 ayat 1 undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951, dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.

(19 views)