Kekuatan APBD Jember 4,2 Trilyun, Silpa Anggaran Covid Belum Bisa Dipastikan

Kekuatan APBD Jember tahun 2021 diperkirakan senilai 4,2 Trilyun rupiah. Angka tersebut merupakan kekuatan minimal, karena masih ada ratusan milyar dana covid yang belum bisa dipastikan angka pastinya. Demikian disampaikan bupati Jember Hendy Siswanto.

Hendy menjelaskan, dalam KUA PPAS APBD 2021 yang diajukan ke DPRD Senin siang, dirinya memakai perhitungan minimal kemampuan APBD Jember senilai 4,2 trilyun rupiah. Sebab sebenarnya masih ada dana ratusan milyar lainnya, yang tahun lalu masuk dalam anggaran penanganan covid-19.

Tetapi dana covid tersebut saat ini masih dalam proses audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan, sehingga dirinya belum berani menyentuhnya sepeserpun sebelum hasil audit BPK keluar. Sebab dirinya khawatir jika semua dimasukkan dalam Silpa dan digunakan dalam APBD 2021, justru nantinya akan menimbulkan persoalan.

Karena hasil audir BPK terkait dana covid ini belum keluar, maka silpa yang dimasukkan dalam KUA PPAS APBD 2021 ini sebesar 750 milyar, yang merupakan angka minimal. Sebenarnya Silpa 2020 bisa jauh lebih besar dari angka tersebut, tergantung dari hasil audit BPK.

(23 views)