Melalui Pesan Whatsapp Bupati Perintahkan OPD Ajukan RKB

Kegaduhan birokrasi di Pemkab Jember terus terjadi, Jumat malam bupati melalui pesan whatsapp, memerintahkan sejumlah kepala OPD mengajukan rencana kebutuhan belanja atau RKB, yang bersumber dari anggaran bepanja tidak terduga atau BTT, dengan dasar perbup APBD yang dibilai cacat hukum oleh Gubernur.

Sekkab Jember Mirfano membenarkan dirinya dihubungi sejumlah pejabat, yang merasa bingung dengan perintah bupati, agar OPD menyerahkan RKB. Apalagi perintah tersebut hanya disampaikan melalui pesan singkat, tanpa ada selembar suratpun yang diaampaikan secara resmi kepada OPD.

Atas persoalan ini Mirfano memerintahkan semua OPD mengabaikan perintah lisan maupun melalui pesan singkat tersebut. Jika ternyata ada perintah tertulis, Mirfano minta para pejabat berkonsultasi terlebih dahulu dengannya. Sebab dasar hukum perbup APBD yang dipakai oleh bupati, sudah tegas dinyatakan tidak sah oleh pemprov, sehingga jika OPD nekat mengeksekusi anggaran, dikhawatirkan akan menimbulkan persoalan hukum.

Mirfano juga menghimbau kepada seluruh ASN di Jember untuk tetap tenang, dan bekerja seperti biasa fokus melayani masyarakat semaksimal mungkin, meski belum ada dukungan anggaran dari APBD. Mirfano berharap kondisi carut marut birokrasi ini dapat segera berakhir.

 

 

 

 

 

(362 views)