Puluhan Rumah dan Dua Ponpes di Bangsalsari Diterjang Banjir Bandang

Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Jember mulai dari Rambipuji,Tanggul dan Bangsalsari diterjang banjir. Banjir terparah terjadi di Desa Bangsalsari Kecamatan Bangsalsari, yang menyebabkan puluhan rumah dan dua pondok pesantren terendam banjir.

Kapolsek Bangsalsari AKP I Putu Adi Kusuma menceritakan, hujan deras yang terjadi di sejak sore hingga petang, menyebabkan sejumlah suangai di Desa Bangsalsari meluap hingga masuk ke pemukiman penduduk. Bahkan pada pukul 18.00 wib air juga mulai masuk ke Pondok Pesantren Ar Rosyid dan dan Al Azhar.

Banjir yang membawa material kayu dan lumpur menyebabkan tembok pesantren Al-Azhar yang terletak di pinggir sungai jebol dan sebanyak kurang lebih 100 santri harus dievakuasi ke lokasi yang lebih aman. Sementara banjir yang masuk ke pemukiman warga, selang beberapa jam setelah hujan reda langsung surut.

Menurut Puti, selama musim penghujan, banjir kali ini merupakan banjir terparah yeng terjadi di Desa Bangsalsari setelah sebelumnya tiga kali di terjang banjir. Beruntung meski sudah empat kali diterjang banjir tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Lebih lanjut Putu menjelaskan, Polsek Bangsalsari bersama BPBD Jember, Koramil dan sejumlah relawan kebencanaan lainnya membersihkan sisa lumpur yang masuk ke pemukiman dan pondok pesantren. Rabu siang seluruh lumpur di Pondok Ar Rasyid sudah b

(51 views)