Ijin Vaksin Sinovac Tunggu Hasil Uji Klinis Tahap 3

Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM masih menunggu data hasil.uji klinis tahap 3, untuk mengeluarkan ijin penggunaan vaksin Covid buatan Sinovac Biontech. Demikian disampaikan kepala BPOM RI Penny K Lukito, dalam Media Briefing keamanan, khasiat dan mutu vaksin Sinovac.

Penny menjelaskan, uji klinis tahap 3 sedang dilakukan oleh PT. Bio Farma di Bandung, dengan melibatkan 1600 orang relawan dengan rentang usia 19 hingga 56 tahun. Selain memakai dasar hasil interim report tersebut, pihaknya juga memakai hasil uji klinis yang dilakukan di Brazil dan Turki sebagai bahan pertimbangan.

Uji klinis sebelumnya yang dilakukan di Brazil lanjut Penny, tingkat keberhasilannya mencapai 78 persen. Sedangkan di Turki mencapai 91 persen. Perbedaan angka keberhasilan ini menurutnya katena faktor perbedaan jumlah relawan yang dilibatkan. Meski demikian angka tersebut sebenarnya sudah melampaui standart minimal WHO yakni diatas 50 persen.

Vaksin Sinovac rencananya akan mulai digunakan di Indonesia mulai tanggal 13 Januari 2021. Vaksin pertama.akan diberikan kepada 1,3 juta tenaga kesehatan, kemudian akan dilanjutkan dengan pemberian vaksin untuk pejabat pelayanan publik, yang dinilai rentan terinfeksi Covid-19.

 

 

 

 

 

(217 views)