Dirjen Bina Keuangan Daerah Tegaskan Jember Harus Bahas APBD 2021

Dirjen bina keuangan daerah Kemendagri, Rabu pagi menghubungi Sekkab Jember Mirfano. Pertama menyampaikan prihatin karena suratnya dipolitisasi, dan kedua menegaskan agar Jember segera selesaikan APBD 2021.

Sekkab Jember Mirfano menjelaskan, Rabu pagi dirjen bina keuangan daerah menelfon dirinya, untuk menyampaikan dua pesan penting. Pertama prihatin karena surat dari dirinya ternyata di Jember ada pihak-pihak yang mempolitisasi. Surat tersebut tidak dibaca utuh, tapi disampaikan sepotong-sepotong sehingga diartikan berbeda.

Poin kedua Dirjen bina keuangan daerah menegaskan agar tahun 202ql1 Jember tidak lagi pakai perkada, tetapi harus menggunakan perda APBD. Sebab jika menggunakan perkada seperti tahun ini, mekanisme cek and balance tidak bisa dilakukan, sehingga sangat rawan terjadi penyimpangan.

Sebelumnya sempat viral informasi yang menyebutkan bahwa pengembalian SOTK oleh plt bupati Muqit Arif, tidak sah karena belum ada ijin tertulis mendagri. Sehingga bupati diminta segera mengangkat kepala BPKAD agar bisa melakukan pencairan anggaran.

Ternyata informasi tersebut dibantah baik oleh dirjen bina keuangan daerah  maupun oleh sekretaris dirjen bina keuangan daerah kemendagri selaku pembuat surat. Bantahan tersebut disampaikan langsung melalui telefon kepada sekkab maupun ketua DPRD Jember.

 

 

 

 

(259 views)