KPU Belum Miliki Data Pasien Covid yang Akan Dijamin Hak Pilihnya

Meski pelaksanaan pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sudah akan berlangsung besok tanggal 9 Desember, namun hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jember belum memiliki data pasien yang terkonfirmasi covid-19 yang akan dijamin hak pilihnya.

Komisioner KPU Jember Andi Wasis menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU atau PKPU Nomor 6 Tahun 2020, pasien covid-19 dalam pemilu diposisikan sama dengan warga yang sakit pada umumnya. Sehinigga mereka tidak kehilangan hak pilihnya.

Untuk memastikan hak pasien covid-19 dapat menyalurkan hak politiknya, KPU sudah berkoordinasi dengan instansi yang berwenang. Namun hingga Selasa sore, Andi mengaku belum menerima data rinci mengenai berapa jumlah pasien covid-19 di Jember dan ada di mana saja. Data sementara yang diterima KPU hanya data warga Jember yang sedang dirawat di sejumlah rumah sakit.

Lebih jauh Andi menjelaskan, pihaknya akan terus mengupayakan untuk mendapatkan data terkait jumlah pasien covid dan ada di mana saja. Data tersebut nantinya akan dikirim ke jajaran di bawahnya untuk ditindaklanjuti agar mereka dapat menyalurkan hak pilihnya.

Diberitakan sebelumnya, KPU Kabupaten Jember akan berupaya maksimal melindungi hak pilih seluruh masyarakat, termasuk masyarakat yang sedang diisolasi karena terpapar covid. Pasien covid yang sedang menjalani isolasi, akan didatangi oleh petugas KPPS dengan Alat Pelindung Diri atau APD lengkap.

(201 views)