Nanti Malam Ribuan Banser Patroli Politik Uang

Untuk mengantisipasi terjadinya praktik politik uang yang dapat mencederai demokrasi, ribuan anggota Banser dikerahkan untuk melakukan patroli politik uang. Demikian yang disampaikan Ketua Ketua GP Ansor Jember, Izzul Ashlah.

Menurut Izzul sejak awal GP Ansor Jember sudah mengecam adanya praktik politik uang yang kerap mewarani pesta demokrasi di Indonesia. Agar praktik serupa tidak terjadi di Pilkada Jember, pihaknya mengerahkan 5000 an anggota Banser yang tersebar di seluruh kecamatan, untuk melakukan patroli politik uang.

Patroli tersebut lanjut Izzul, akan dilakukan pada malam hari hingga pagi mulai nanti malam hingga hari pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 9 Desember mendatang. Jika nantinya Banser menemukan adanya tindak pidana politik uang akan melaporkan temuan tersebut ke Bawaslu selaku pihak yang berwenang.

Izzul menambahkan pihaknya mengapresiasi ketegasan Centra Gakkumdu yang telah menindaklanjuti temuan politik uang di Kabupaten Jember beberapa waktu lalu. Izzul juga mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pihak kepolisian yang sudah bertindak tegas terhadap pelanggar undang-undang pemilu.

Sementara Ketua Bawaslu Imam Thoborony Pusaka menyampaikan terimakasih atas kepedulian ormas, untuk membantu memberantas politik uang di Kabupaten Jember. Thoborony memastikan Bawaslu akan bertindak secara profesional sesuai aturan yang berlaku.

 

(249 views)