DPRD Jember Lampirkan 33 Bukti Pelanggaran Dalam Berkas Pemakzulan Bupati

DPRD Jember akhirnya mengirimkan berkas pemakzulan bupati Faida ke Mahkamah Agung tertanggal 13 November 2020. Pengiriman berkas ke MA agak lambat, sebab ada 2 berkas yang rencananya akan dilampirkan, namun hingga hari ini tidak juga berhasil didapatkan.

Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi menjelaskan, dirinya menyadari mungkin masyarakat bertanya-tanya alasan tidak segera dikirimkannya berkas pemakzulan bupati ke MA. Sebenarnya lanjut Itqon, usai paripurna pemakzulan DPRD sudah menyusun berkas beserta 35 bukti yang akan dilampirkan.

Namun hingga hari ini dari 35 bukti yang rencana dilampirkan, ada 2 bukti yang belum berhasil diperoleh, yakni SK pengangkatan dalam jabatan yang dilaksanakan tanggal 11 Juni dan 22 Juli 2017. Karena sudah 4 bulan mencari dan belum berhasil didapatkan, DPRD terpaksa mencoret 2 alat bukti tersebut, dan hanya melampirkan 33 bukti pelanggaran ke MA.

Dengan sudah dikirimkannya berkas pemakzulan ke MA, saat ini pihaknya hanya tinggal menunggu keputusan MA. Itqon sangat yakin MA akan mengabulkan pemakzulan bupati, karena pemkab sudah menindaklanjuti rekomendasi komisi ASN dan perintah Mendagri mengembalikan SOTK, yang merupakan salahsatu bukti pelanggaran yang dilakukan bupati.

 

 

 

 

(210 views)