Penyaluran Bantuan Kurang Tepat Sasaran, Dinkop UMKM Diminta Lebih Selektif

UMKM merupakan salahsatu sektor usaha yang terdampak pandemi covid-19, sehingga pemerintah memberikan bantuan stimulus agar UMKM tetap bertahan. Namun sayangnya penyaluran bantuan tersebut di tingakt bawah sering kali kurang tepat sasaran.

Ketua UMKM Nusantara Jember Rendra Wirawan menyebutkan, di Jember masih sangat banyak UMKM yang secara kelembagaan dan ijin usahanya sah dan benar-benar beroperasi, tetapi sama sekali tidak tersentuh bantuan. Sedangkan diluar sana justru UMKM yang belum jelas yang menerima bantuan.

Untuk itu kedepan Rendra berharao dinas koperasi dan UMKM lebih selektif dalam penyaluran bantuan, bahkan jika perlu mestinya koordinasi dengan asosiasi. Sebab Asosiasi memiliki data seluruh UMKM yang sah dalam perijinan, sekaligus jelas bidang usahanya.

Lebih jauh Rendra menjelaskan, akhir-akhir ini dirinya banyak menemukan oknum yang meminta ijin pendirian UMKM, tetapi sebenarnya tidak ada usaha yang dijalankan. Artinya permintaan ijin tersebutbhanya dilakukan untuk mengakses bantuan dari pemerintah.

 

 

(56 views)