Dua Kucing Hutan yang Ditemukan  di Kaki Gunung Argopuro Diserahkan Ke BKSDA

 

Dea ekor kucing hutan yang ditemukan oleh seorang petani di Desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti, akhirnya diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Wilayah III Kabupaten Jember. Demikian yang disampaikan Kepala Resort Wilayah 16 BKSDA Wilayah III Kabupaten Jember, Budi Harsono saat dikonfirmasi Senin siang.

Harsono menceritakan, dua ekor anak kucing hutan yang merupakan hewan dilindungi tersebut awalnya ditemukan dalam keadaan lemah di ladang milik warga Desa Kemuningsari Lor. Beruntung yang penemu hewan tersebut sadar bahwa hewan tersebut dilindungi sehingga menggunggahnya ke salah satu grup facebook.

Dari situlah lanjut Harsono bisa mengetahui adanya penemuan hewan dilindungi tersebut, yang selanjutnya pihaknya mengevakuasi dua anak kucing hutan tersebut. Saat ini hewan tersebut sedang ditempatkan kandang transit Resort Konservasi Wilayah Kantor RKW 16 Jember untuk dirawat. Setelah kesehatannya dinyatakan layak, dua kucing tersebut akan dilepas liarkan ke habitat aslinya.

Lebih jauh Harsono menjelaskan untuk di Jember bisanya kucing hutan tersebut dapat ditemui di beberapa tempat seperti di Kecamatan Panti, Silo dan Tempurejo. Meski demikian untuk saat ini keberadaan hewan tersebut jarang dijumpai, karena populasinya memang tinggal sedikit.

(226 views)