Pansus Temukan Kordes Paslon 01 merangkap Satgas Bansos Pemkab

Pansus Pilkada DPRD Jember, tmkembali menemukan dugaan oelanggaran yang dilakukan oleh tim kamoanye paslon 01. Diantaranya ditemukan koordinator desa paslon 01, yang juga sebagai Satgas penyaluran bantuan pemkab.

Wakil ketua Pansus Pilkada DPRD Jember Tabroni dalam hearing bersama Bawaslu, KPU dan Polres Jember Kamis siang mengatakan, banyak masuk laporan dugaan pelanggaran. Diantaranya tim koordinator desa atau kordes paslon 01 di kecamatan mayang, yang juga merangkap sebagai satgas penyalur bantuan pemkab. Sehingga ada indikasi bantuan pemkab dimanfaatkan untuk mengarahkan masyarakat memilih paslon 01.

Tabroni khawatir ketika petahana aktif lagi tanggal 6, 7 dan 8 Desember mendatang, semakin masif menggunakan kekuasaannya dengan menggunakan fasilitas negara untuk pemenangannya. karena itu Tabroni minta bawaslu segera menindaklanjuti persoalan ini.

Sementara ketua Bawaslu Jemner Imam Thobrony Pusaka, membenarkan adanya larangan bagi petahana untuk menggunakan fasilitas negara, sejak ditetapkan sebagai paslon hingga penetapan paslon terpilih. Aturan ini tertulis jelas dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016 pasal 71.

 

 

 

 

 

(244 views)