Pengedar Barter Mobil Dengan Puluhan Gram Sabu

Sebanyak tiga orang pengedar sabu berinisial YP dan R warga Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi dan MW warga Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya, ditangtap Satresnarkoba Polres Jember saat menunggu pembeli di SPBU Kecamatan Mayang.

Kasat Resnarkoba Polres Jember AKP Dika Hadiyan menceritakan, tanggal 10 Oktober 2020 lalu, pihaknya menerima laporan bahwa ke tiga tersangka yang sudah lama menjadi target operasi dalam perjalanan dari Surabaya menuju Banyuangi. Berbekal laporan tersebut pihaknya langsung menunggu tersangka di Perbatasn Jember-Lumajang.

Saat tersangka melintas polisi langsung membuntuti mobil tersangka hingga akhirnya mereka berhenti di SPBU Kecamatan Mayang. Pada saat itulah polisi langsung menangkap dan menggeledah mobil tersangka. Dari hasil penggeledahan polisi menemukan barang bukti berupa narkotika jenis sabu seberat 6,8 gram.

Saat diinterogasi tersangka mengaku barang haram tersebut hendak diedarkan di Jember dan Banyuwangi. Barang haram tersebut didapat dari seorang bandar di Surabaya dengan sistem barter mobil.

Lebih lanjut Dika menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap bandar yang menyuplai barang kepada tersangka. Sebab 6,8 gram sabu yang diamankan dari tersangka saat ini hanya sebagian kecil saja. Sisanya akan diantar langsung oleh bandar tersebut kepada tersangka. Akibat perbuatannya tersangka dijerat pasal 114 subsider 112 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

(236 views)