PLT Dinas Lingkungan Hidup Dua Kali Menolak Jabatannya

Sesuai aturan perundang-undangan, Jabatan pelaksana tugas atau Plt memiliki keterbatasan kewenangan. Salahsatunya terkait kebijakan anggaran. Karena itulah tidak semua Plt nyaman dengan tugas yang diberikan kepadanya, karena sangat rentan berbenturan dengan hukum.

Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto saat hearing bersama Dinas Lingkungan Hidup Senin siang, mempertanyakan persoalan sampah di Jember yang tidak terurus. Ternyata penyebabnya plt kepala DLH tidak berani mengeksekusi anggaran, karena bukan pejabat definitif.

Memang jika dipaksakan untuk mengeksekusi anggaran, pejabat berstatus Plt bisa bermasalah secara administratif bahkan hingga ke persoalan pidana. David menduga tekanan yang dialami pejabat dengan status Plt bukan hanya di DLH, tetapi masih banyak Plt lain yang memiliki nasib yang sama.

Sementara Plt kepala DLH Jember Trias Yuniar Mediawati mengatakan, sebenarnya dirinya sudah 2 kali menolak jabatan yang diberikan kepadanya. Pertama ditahun 2019 lalu, dan yang kedua ditahun 2020. Sayangnya Trias menolak menjelaskan lebih rinci, dengan alasan biarlah hanya dirinya dan bupati yang tahu.

(303 views)