Komisi C Usul Pembentukan Pansus Untuk Awasi Anggaran Covid-19

"DPRD Jember saat hearing bersama Kepala BPKAD"

“DPRD Jember saat hearing bersama Kepala BPKAD”

Komisi C DPRD Jember mengusulkan dibentuknya pansus, untuk mengawasi penggunaan anggaran Covid-19 di kabupaten Jember. Sebab selama ini penggunaan anggaran covid terkesan tertutup, padahal nilainya untuk kabupaten Jember sangat fantastis.

Menurut Ketua Komisi A DPRD Jember David Handoko Seto, hasil refokusing anggaran covid di Jember mencapai 579 milyar rupiah, yang sudah ada penjabaran detail kebutuhannya 219 milyar rupiah. Dari angka tersebut 119 milyar diantaranya sudah dicairkan, dan sisanya 100 milyar masih ada di bendahara.

Namun sampai detik ini dewan belum mendapat informasi detail, digunakan untuk apa saja anggaran 119 milyar yang sudah dicairkan tersebut. Sejak 28 September lalu Plt Bupati juga sudah melakukan cut off anggaran, namun dirinya belum tahu apakah anggaran covid masuk dalam cut off tersebut. Agar penggunaan anggaran lebih transparan, David minta DPRD Jember membentuk pansus covid-19.

Sementara Kepala BPKAD Pemkab Jember Penny Arthamedya, juga mengaku tidak tahu detail perencanaan anggaran covid, sebab hal ini merupakan ranah kewenangan BPBD. Dirinya lanjut Penny hanya bertugas mencairkan ketika ada pengajuan pencairan anggaran kegiatan.

 

(329 views)