Unej Sarankan Paslon Maksimalkan Kampanye Secara Virtual

Mengingat pilkada tahun 2020 dilaksanakan saat pandemi ccovid-19, akademisi Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember menyarankan agar seluruh pasangan calon dalam kontestasi politik pilkada Jember, memaksimalkan kampanye politik secara virtual atau daring.

Menurut dosen Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember, Didik Suharijadi, kampanye secara tatap muka di tengah pademi covid-19 ini akan kurang efektif. Selain jumlah massa dibatasai maksimal hanya 50 orang, masyarat berpikir dua kali untuk berpartisipasi, ditambah pelanggaran terhadap protokol kesehatan juga dipastikan mendapatkan sanksi.

Karena itulah Didik menilai kampanye secara virtual menjadi salah satu alternatif bagi seluruh pasangan calon. Tinggal nantinya diupayakan pengambilan dan manajemen gambar dilakukan secara profesional agar seluruh informasi dapat ditampilkan secara nyata kepada publik. Agar tidak membosankan bisa ditampilkan acara hiburan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dengan memaksimalkan kampanye virtual lanjut Didik, selain menjaga agar pilkada tidak menjadi klaster baru penyebaran covid-19, juga sangat efektif dan efisien. Sebab seluruh kegiatan kampanye bisa direkam dan disebarkan kembali secara luas.

(289 views)