Tak Bisa Lagu Nasional dan Pancasila, Pelanggar Prokes di Sumberbaru Pilih Baca Doa dan Salawat

 

Sebanyak empat pelanggar protokol kesehatan di Kecamatan Sumberbaru, memilih berdoa setelah disanksi menyanyikan lagu nasional dan hapalkan pancasila tidak bisa. Demikian yang disampaikan Kapolsek Sumberbaru AKP Subagio.

Kepada sejumlah wartawan Subagio menjelaskan, Selasa sore dan Rabu pagi pihaknya bersama TNI Koramil dan Satpol PP Kecamatan Sumberbaru melakukan operasi penegakan sanksi disiplin terhadap pelanggar protokol kesehatan dengan menyasar SPBU, pertokoan PKL dan orang yang biasa menarik amal di pinggir jalan. Dalam operasi tersebut ada puluhan warga yang terjaring razia karena tidak menggunakan masker.

Dari puluhan pelanggar yang diberi sanksi teguran tertulis dan pushup, ternyata ada empat pelanggar sudah berusia lanjut, sehingga pihaknya memberikan sanksi non fisik dengan meminta  menyanyikan lagu nasional atau daerah maupun menghapal pancasila. Namun, ternyata mereka menyatakan tidak bisa, sehingga mereka memilih membaca doa dan salawat.

Lebih jauh Subagio menjelaskan, operasi penegakan disiplin ini akan terus dilakukan setiap hari dengan menyasar tempat yeng berpotensi adanya kerumunan massa. Meski demikian Subagio mengaku hingga saat ini belum ada pelanggar prokes di Sumberbaru yang dikenakan denda berupa uang.

(262 views)