BPS Mulai Sensus Gelandangan

Badan Pusat Statistik atau BPS Jember melakukan sensus penduduk dengan menyasar gelandangan. Sensus ini dilakukan pada malam hari di sejumlah tempat se Kabupaten Jember.

Kasi Statistik Distribusi BPS Jember, Candra Birawa menjelaskan, sensus penduduk dengan menyasar gelandangan dan tunawisma ini dilakukan serentak di Indonesia. Untuk Jember sendiri dilakukan oleh beberapa tim yang tersebar di seluruh kecamatan.

Petugas menyasar sejumlah pasar tradisional,terminal, dan pusat-pusat perbelanjaan, emperan toko dan beberapa tempat yang diketahui sering ada gelandangan. Hanya saja Candra mengaku hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari masing-masing petugas di kecamatan, sehingga jumlahnya belum diketahui.

Hanya saja lanjut Candra, untuk di kota seperti jembatan semanggi sudah selesai di sensus. Diketahui mereka merupakan gelandangan yang berasal dari banyuwangi. Diketahui mereka memang tidak memiliki rumah baik di Jember maupun di banyuwangi. Mereka juga tidak memiliki kartu identitas.

(67 views)