Bandel Tak Pakai Masker Sepuluh Pengunjung Alun-alun Didenda 250 Ribu Rupiah

Petugas gabungan Polres Jember, Satpol PP Jember, BPBD Jember, Kodim 0924 Jember, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Jember, Selasa malam menggelar operasi yustisi penegakan protokol kesehatan di Alun-alun Jember. Dari 305 orang yang terjaring operasi, sepuluh orang diantaranya didenda 250 ribu rupiah.

Waka Polres Jember Kompol Windy Syafutra menjelaskan, meski pihaknya sudah gencar memberikan sosialisasi Perbup Jember Nomor 47 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, ternyata tingkat kepatuhan masyarakat Jember masih rendah.

Dalam waktu dua jam setengah melakukan operasi yustisi di Alun-alun Jember, ada 305 warga yang nekat tidak mengenakan masker. Setelah disidang ditempat oleh jaksa dan hakim, sebanyak 295 pelanggar diberi sanksi push up. Sementara 10 orang lainnya karena dua kali terjaring razia tidak pakai masker, akhirnya dikenakan denda 250 ribu rupiah dan membayar uang perkara 2000 rupiah.

Lebih jauh Windy menjelaskan, operasi yustisi ini akan terus dilakukan selama belum ada petunjuk untuk dihentikan. Windy berharap dengan adanya penegakan sanksi disiplin ini tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan meningkat.

(609 views)