Terjaring Razia Tak Pakai Masker Ratusan Pengunjung Pasar Tanjung Disidang Ditempat

Tim Gabungan yang terdiri atas Polres Jember, Kodim, Satpol PP Pemkab Jember, BPBD Jember, Kejari Jember, dan Pengadilan Negeri Jember, Senin siang menggelar operasi yustisi atau sidang ditempat warga yang nekat tidak memakai masker di pasar tanjung. Dalam operasi tersebut ratusan pengunjung pasar tanjung yang tidak mengenakan masker disidang di tempat.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Jember, Suprapto menjelaskan  sesuai instruksi presiden mulai hari ini secara serentak digelar penegakan sanksi sidang di tempat bagi warga yang tidak mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah. Untuk Jember sendiri, operasi yustisi yang digelar selama satu jam di pasar tanjung, sebanyak 107 pengunjung yang tidak mengenakan masker langsung disidang di tempat dengan oleh Jaksa dan Hakim.

Untuk Jember saat ini lanjut Sprapto, sanksi yang diberlakukan bagi para pelanggar disesuaikan dengan Peraturan Bupati nomor 47 tahun 2020 yakni sanksi sosial berupa kerja baksi di lokasi. Meski demikian Suprapto memastikan jika ke depannya tingkat kepatuhan warga sangat rendah, sangat mungkin jaksa dan hakim menerapkan sanksi denda 250 ribu rupiah sebagaimana diatur Peraturan Gubernur Nomor 53 tahun 2020.

Lebih jauh Suprapto menjelaskan operasi yustisi ini akan terus digelar di sejumlah titik di setiap kecamatan, hingga masyarakat sadar akan pentingnya menggunakan masker di tengah pandemi covid-19.

(795 views)