PMII Desak Pengembalian Saluran Irigasi Yang Merugikan Petani Puger

Ratusan aktivis PMII Jember kembali melakukan aksi unjukrasa di gedung DPRD dan Pemkab Jember, mendesak agar saluran irigasi yang dipindah oleh PT. Imasco Asiatec, dikembalikan ke posisi semula. Sebab akibat pemindahan tersebut petani di Puger mengalami kekurangan air.

Korlap aksi Bagaskara mengatakan, aksi yang dilakukan PMII untuk meminta dikembalikannya saluran irigasi seperti semula ini, sudah yang kesekian kalinya. Namun sampai detik ini belum ada tindaklanjut apapun, sehingga mengakibatkan petani mengalami kekurangan air. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan air, petani harus membeli air seharga 300 ribu rupiah.

DPRD menurut Bagas, setiap kali PMII melakukan aksi terkait persoalan ini, sudah memberikan dukungan agar segera ada solusi. Sayangnya belum pernah sekalipun pemkab Jember menemui apalagi memberikan solusi.

Sementara bupati Jember Faida mengatakan, persoalan irigasi di Puger merupakan kewenangan kementerian PUPR. Sehingga yang bisa dilakukan pemkab hanya berkirim surat, meminta kepada kementerian PUPR agar segera menyelesaikan persoalan tersebut.

 

 

 

 

(307 views)