Pemprov Jatim Kembali Akan Fasilitasi Pembahasan APBD 2021

 

Carut marut pembahasan APBD ternyata masih saja terjadi. Persoalannya hampir sama dengan tahun sebelumnya. Kali ini pemprov Jawa Timur akan kembali melakukan fasilitasi, agar APBD Jember tidak deadlock seperti tahun sebelumnya.

Wakil ketua DPRD Jember Ahmad Halim menceritakan, sesuai aturan penetapan APBD diawali dengan rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD, dimana RKPD kabupaten harus menunggu RKPD Propinsi agar bisa selaras. Baru kemudian disusun KUA PPAS, RAPBD dan ditetapkan menjadi APBD. Namun yang terjadi di Jember tidak seperti alur yang benar.

Pemkab mengajukan KUA PPAS ke DPRD, sebelum RKPD Jawa Timur di tetapkan. Halim mengaku bingung, dasar apa yang dipakai pemkab Jember untuj menyusun KUA PPAS sementara RKPD saja belum ada. Lebih aneh lagi, KUA PPAS belum dibahas tiba-tiba beberapa waktu lalu Pemkab measukkan RAPBD 2021.

Kondisi ini menurut Halim, sudah disampaikan kepada gubernur dan BPKAD Jawa Timur. Dalam waktu dekat pemprov akan turun lagi ke Jember, untuk memfasilitasi penetapan APBD 2021, yang kemungkinan besar akan dilakukan bersama PJ Bupati.

(320 views)