Kebijakan Keuangan Pemkab Jelang Pilkada Berpotensi Menguntungkan Petahana

Setiap menjelang pilkada dimana petahana maju lagi dalam konstentasi, biasanya akan banyak sekali kebijakan anggaran yang di design agar menumguntungkan petahana. Karena itu Bawaslu dan masyarakat mestinya jangan sampai lengah, untuk tetap mengawasi realisasi anggaran khususnya bansos.

Pengamat Keuangan publik Hermanto Rohman mengatakan, fungsi pengawasan masih melekat kepada DPRD. Sehingga meski DPRD sudah melakukan pemakzulan terhadap bupati, bukan berarti DPRD berhenti melakukan fungsi pengawasan. Apalagi saat ini memakai perbup, yang tidak dibahas bersama DPRD.

Bawaslu menurut Hermanto, mestinya jauh lebih serius mengawasi realisasi anggaran bansos yang dicairkan kepada masyarakat, karena sangat rawan dimanfaatkan untuk mengarahkan masyarakat, yang ujung-ujungnya menguntungkan petahana.

Karena itu Hermanto berharap, seluruh elemen masyarakat mengawasi kebijakan pemerintah dan realisasinya lebih intens, agar pilkada berjalan jujur dan adil serta menghasilkan calon pemimpin sesuai keingingan masyarakat.

(317 views)