Ini Cara Dapatkan Uang Edisi Khusus 75 Tahun Indonesia Merdeka

Hari ini Bank Indonesia resmi meluncurkan uang pecahan kertas 75 ribu rupiah untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan republik Indonesia. Karena merupakan edisi khusus atau Commemorative note, uang pecahan kertas atau UPK ini dicetak hanya sekali dengan jumlah yang terbatas. Meski demikian masyarakat masih bisa memilikinya dengan mekanisme yang sudah ditetapkan.

 

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko melalui rilisnya menyebutkan, masyarakat bisa mendapatkan pecahan uang edisi khusus kemerdekaan ini, dengan cara menukarkan uang tunai 75 ribu rupiah dengan 1 lembar pecahan 75 ribu rupiah. 1 KTP hanya berlaku untuk penukaran 1 lembar uang.

 

Tetapi sebelumnya masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu secara online, melalui aplikasi pintar di website https://pintar.bi.go.id untuk mendapatkan jadwal dan lokasi penukaran. Pendaftaran mulai dibuka tanggal 17 Agustus jam 15.00, sedangkan proses penukaran di kantor Bank Indonesia bisa dilakukan mulai 18 Agustus 2020. Penukaran juga bisa dilakukan melalui bank umum mulai tanggal 1 Oktober 2020.

 

Saat melakukan penukaran, masyarakat wajib memperhatikan protokol kesehatan, membawa KTP serta bukti pemesanan. Jika berhalangan hadir langsung, proses penukaran juga bisa diwakilkan dengan menyertakan surat kuasa dari pemesan.

(315 views)