Ratusan Napi Lapas Jember Diajukan Dapat Remisi Kemerdekaan

Sebanyak 291 lebih narapidana binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember, diajukan utnuk Kantor Kementerian Hukum Dan HAM, untuk mendapatkan pengurangan masa hukuman atau remisi Hari Kemerdekaan.

Kepala Lapas Kelas II A Jember Yandi Suyandi menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya ada dua jenis remisi yang diusulkan. Remisi umum satu untuk pemotongan masa tahanan mulai dari 1 hingga 6 bulan, sedangkan remisi umum II akan langsung langsung bebas.

Menurut Yandi, menejalang HUT RI yang ke 75 ada sekitar 291 nara pidana yang sudah diajukan ke Kanwil Kemenkumham Jawa Timur , sejak beberapa waktu yang lalu. Diperkirakan pada hari HUT Kemerdekaan tanggal 17 Agustus mendatang, kepastian remisi itu akan turun.

Lebih lanjut Yandi menjelaskan, sesua aturan yang berlaku, napi yang diajukan untuk mendapatkan remisi, telah memenuhi syarat. Seperti telah menjalani masa tahanan sekurang-kurangnya 6 bulan, berkelakuan baik selama memjalani tahanan, dan mengikuti program pembinaan.

Lebih lanjut Yandi menambahkan, sesuai Peraturan Pemerintah nomo 99 tahun 2012, untuk napi kriminal khusus seperti kasus korupsi, terorisme, dan bandar nakoba belum ada yang diajukan dapat remisi.

(415 views)