PN Jember Eksekusi Rumah Lelang di Balung

lelang

Petugas Pengadilan Negeri Jember, Kamis pagi melakukan eksekusi terhadap bangunan rumah yang teletak di Dusun Krajan Kidul, Desa Gumelar, Kecamatan Balung.

Juru Sita Pengadilan Negeri Jember Sugik kepada wartawan menjelaskan, pelaksanaan eksekusi ini dilakukan atas permintaan pemohon, Jimmy. Setelah proses lelangnya memiliki kekutan hukum melalui putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jember, pihaknya sudah melakukan aanmaning atau peringatan dengan melibatkan semua pihak yang telibat.

Setelah aanmaning pihak PN Jember juga sudah memberikan waktu kepada termohon untuk melakukan komunikasi dan negosiasi selama satu bulan. Namun ternyata pihak termohon tidak memanfaatkan kesempatan tersebut secara baik.

Meski demikian lanjut Sugik, pihaknya tidak langsung melakukan eksekusi, namun masih berkoordinasi dengan Polres Jember dan mengingatkan kembali termohon agar membeli kembali hak kemanusiannya. Namun karena hingga detik ini tidak ada kejelasan, akhirnya sesuai jadwal yang dikeluarkan hakim hari ini dilakukan eksekusi.

Hal serupa juga disampaikan oleh kuasa hukum pemohon, Imam Eko Wahyudi. Menurut Imam, keliennya memenangkan lelang rumah tersebut dengan limit 108 juta rupiah pada tahun 2018 lalu. Setelah memiliki kekuatan hukum tetap, kliennya memberikan waktu kepada termohon untuk mengosongkan rumahnya secara sukarela.

Bahkan lanjut Imam, jika termohon kooperatif pihaknya akan menyediakan jasa angkutan barang dan uang sewa rumah kepada termohon. Namun karena tetap buntu akhirnya terpaksa dilakukan eksekusi hari ini.

(515 views)