Jika Terwujud 11 Partai Bersatu, Maka Petahana Selesai

Kesepakatan bersatunya 11 partai politik untuk mengusung 1 calon menantang petahana, Merupakan pendidikam politik di Jember yang sangat keren. Jika itu terjadi dan pilkada dilaksanakan sekarang, maka sebenarnya petahana sudah selesai. Demikian disampaikan pengamat komunikasi politik Universitas Jember Mohammad Iqbal.

 

Iqbal mengaku tidak menduga sebelumnya, 11 partai yang memiliki kursi parlemen mampu menurunkan ego dan kepentingan masing-masing. Kesepakatan 11 partai ini menurut Iqbal, seolah partai ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa 9 Desember nanti akan mempersembahkan calon pemimpin terbaik.

 

Yang menarik lanjut Iqbal, partai-partai sepakat bersatu tanpa mengusulkan nama calon, tetapi menyerahkan sepenuhnya kepada DPP. Inilah kedewasaan berpolitik yang ditunjukkan oleh partai, untuk mengedukasi masyarakat dalam berdemokrasi yang keren dan patuy mendapat apresiasi.

 

Meski tentu dalam menentukan calon yang akan diusung, tentu DPP akan melihat bakal calon yang saat ini sudah bermunculan. Iqbal memprediksi calon yang akan diusung tidak akan jauh dari yang sudah ada saat ini. Ketika calon yang diusung sama, Iqbal sangat yakin mesin politik semakin optimal, karena partai akan mengerahkan segala sumberdaya yang dImiliki untuk pemenangan, dengan kata lain jika pilkada dilaksanakan saat ini, maka sebenarnya petahana sudah selesai.

 

Iqbal mengakui modal elektoral petahana dari beberapa hasil survey, lebih tinggi dari kandidat calon lainnya. Akan tetapi kecenderunganya terus menurun dari hari ke hari. Ini menunjukkan ada gelombang besar di masyarakat yang menginginkan perubahan. Keinginan masyarakat ini ditangkap oleh partai politik, yang juga menginginkan Jember lebih maju, atau setidaknya mengembalikan Jember sebagai sentral kemajuan daerah di wilayah tapal kuda.

(317 views)