Tidak Ditemukan Aliran Dana Ke Mantan Kadisperindag Dalam Kasus Pasar Manggisan

Fakta baru terungkap dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi proyek pasar Manggisan. Salahsatunya saksi ahli dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP selaku auditor, menyampaikan tidak ditemukan aliran dana kepada terdakwa Anas Ma’ruf selaku mantan kepala Disperindag.

Muhammad Nuril selaku kuasa hukum Anas Ma’ruf melalui telefon selularnya menjelaskan, Saksi ahli dari BPKP menjelaskan adanya aliran dana kepada beberapa orang, diantaranya kepada terdakwa Agus Salim dan istrinya senilai 200 sampai 300 juta dari hasil pembangunan fisik.

Selain itu juga ditemukan aliran dana senilai 3 milyar rupiah dari terdakwa Faris kepada Terdakwa Sugeng Widodo alias Dodik, yang merupakan hasil jasa konsultan beberapa proyek termasuk pasar Manggisan. Sementara kepada terdakwa mantan Kadisperindag Anas Ma’ruf tidak ada aliran dana sepeserpun. Terkait kebijakan kelebihan bayar yang dilaporkan konsultan pengawas, Nuril menyerahkan keputusan kepada majelis hakim, persoalan teraebut masuk ranah administrasi atau pidana.

Sementara terkait rangkap jabatan kliennya sebagai kuasa pengguna anggaran atau KPA sekaligus sebagai pejabat pembuat komitmen atau PPK, dirinya yakin tidak akan menjadi persoalan, sebab ada saksi yang menjelaskan proses bagaimana hal ini bisa terjadi.

(370 views)