Keterbukaan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Dipertanyakan

LogoPansus Pilkada DPRD Jember menerima banyak laporan dari masyarakat, yang menyebutkan dugaan proses verifikasi faktual dukungan paslon perseorangan tidak dilakukan sebagaimana mestinya. Karena itu pansus pilkada DPRD Jember akan bersurat resmi kepada KPU, meminta agar data tersebut dibuka.

Wakil ketua Pansus Pilkada DPRD Jember Tabroni mengatakan, data dukungan paslon perseorangan yang sedang diverifikasi faktual oleh KPU, tidak dibuka kepada publik. Sehingga wajar jika kemudian publik menaruh curiga, apalagi dilapangan banyak ditemukan kejanggalan. Akibatnya peran masyarakat untuk ikut mengawasi menjadi tertutup.

Untuk itu Pansus pilkada DPRD Jember akan berkirim surat secara resmi kepada KPU, meminta agar data tersebut bisa dibuka sehingga masyarakat juga bisa ikut mengawasi, agar tidak muncul kecurigaan terjadinya permainan ditinfkat bawah.

Sementara ketya KPU Jember Mohammad Syaiin mengatakan bahwa data dukungan tersebut masuk kategori data yang dikecualikan, karena menyangkut data diri yang bersifat rahasia. Sehingga pihaknya juga harus berhati-hati, karena yang berhak mendapat data ini hanya KPU, Bawaslu dan LO paslon perseorangan.

(370 views)